E Learning UIN "SMH" Banten
Expand/collapse block Login
Login
Password
Keep me logged in
 
Expand/collapse block Selected courses
-
 
Expand/collapse block Information for course "Pembelajaran IPA (PGMI A, B, C)"
Description: Mata kuliah ini membahas tentang Hakikat IPA, Tujuan Pendidikan IPA di SD/MI, Metode Ilmiah, Pengenalan Kurikulum IPA SD/MI, Aplikasi Proses IPA, Berbagai Strategi Pembelajaran IPA: Teori Belajar IPA: kognitivisme, behaviorisme, konstruktivisme, humanisme & Berbagai model pembelajaran
Objectives: 1. Menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran IPA yang mendidik:
a. Mengkaji landasan filosofis dan psikologis serta landasan lain yang mendasari pembelajaran IPA di SD/MI.
b. Mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik pada bidang IPA
2. Menguasai teknik penilaian pembelajaran yang mendidik serta mampu mengembangkannya dalam pembelajaran IPA secara kreatif dan inovatif.
3. Menguasai teknik pembelajaran yang mendidik, kreatif, dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik pokok bahasan Mata Pelajaran IPA
Assessment: 1. Teknik Penilaian
Tes tulis, tes performance (unjuk kerja), dan portofolio.

2. Instrumen Penilaian
Lembar/soal tes, lembar penilaian kinerja, checklist, dan lembar rubrik.
3. Komponen dan proporsi penilaian
- Tugas terstruktur : 10%
- Tugas tdk terstruktur : 15%
- Ujian Tengah Semester : 25%
- Ujian Akhir Semester : 40%
- Kehadiran : 10% (minimal 75% kehadiran untuk ikut UAS)
- Total : 100%
4. Rentang Penilaian
Rentang Nilai Nilai Huruf
95 – 100 A
90 – 94 A-
85 – 89 B+
80 – 84 B
75 – 79 B-
70 – 74 C+
65 – 69 C
Topics: 1. Hakekat IPA dan Pembelajaran IPA di SD/MI
2. Teori belajar dan pembelajaran IPA
3. Pendekatan dan model pembelajaran IPA di SD/MI (tugas terstruktur)
4. Bahan Ajar dan Media pembelajaran IPA di SD/MI (proyek)
5. Assessmen Kinerja dan Portofolio dalam Pembelajaran IPA
6. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Listrik Sederhana
7. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Energi Bunyi
8. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Benda-benda Langit
9. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Tumbuhan dan Lingkungannya
10. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Hewan dan Lingkungannya
11. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Energi dan Cahaya
12. Praktik Pembelajaran disertai Media Pembelajaran IPA pada materi Sistem Pernapasan Manusia
Resources: 1. Martin, D. J. (2009). Elementary Science Methods. Wadsworth, Cengage Learning.
2. Carin, A. A. (1993). Teaching Science Through Discovery (8rd ed.). Macmillan Publishing Company: New York
3. Semiawan, C. (1993). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia
4. Depdiknas. (2007). Materi Sosialisasi dan Pelatihan KTSP. Artikel. http://ktsp.diknas.go.id
5. Gega, P. C. (1991). How To Teach Elementary School Science. Macmillan Publishing Company: New York
6. Darmodjo, H. (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud
7. Howe, A. C. & Jones, L. (1993). Engaging Children in Science. Macmillan Publishing Company: New York;
8. Donovan, M. S. & Bransford, J. D. (2005). How Students Learn. National Academies Press: Washington DC
9. Kurikulum SD 2006 & 2013
10. Aimin, M. (1987). Mengajarkan IPA dengan menggunakan metode discovery dan Inkuiri. Jakarta : Depdikbud
11. Depdikbud, (1999/2000). Model-model pembelajaran IPA, Bandung : Depdikbud Dirjen Dikti.
12. Slavin, R.E. (2008). Cooperative learning. Teori riset dan praktik, penerjemah Nuralita. Bandung : Nusa media
13. Trianto (2007). Model pembelajaran terpadu, dalam teori dan praktik. Jakarta: Prestasi pustaka.
14. Widodo, A dkk (2007). Pendidikan IPA di SD (BBM) Bandung : UPI press.
Learning method: Ceramah, Diskusi, Penugasan, Proyek
Language: Indonesia
Enroll Enroll